Rabu, 23 Desember 2015

Proposal Bisnis susu murni berbagai rasa


 

 

 

 

 

 

 PROPOSAL BISNIS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUSU MURNI VARIAN RASA BUAH-BUAHAN

(susu)











BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Lampung  adalah sebuah kota yang memiliki banyak perguruan tinggi NEGERI  DAN SWASTA semua perguruan tinggi tersebut tersebar luas dibandar lampung dari banyaknya universitas yang ada dibandar lampung,munculah inovasi baru untuk membuka usaha susu murni dibandar lampung, untuk mendapatkan susu murni yang segar dan berkualitas bisa didapatkan di lampung timur denganwaktu 1-2 jam dari pusat kota bandar lampung karena perternakan sapi perah yang berada di lampung timur,dari bahan baku susu murni bisa diolah menjadi susu yang berbagai rasa.
Kebanyakan Mahasiswa dibandar lampung yang suka nongkrong,biasanyadi tempat cafe-cafe, mall dan di tempat umum lainnya. cafe susu murni ini di bangun berdekatan dengan kampus-kampus besar di bandar lampung dan berdekatan dengan pusat kota bandar lampung, untuk lokasi cafe susu murni ini sengaja di bangun berdekatan dengan kampus dan pusat kota supaya mahasiswa yang suka nongkrong bisa menikmati minuman sehat susu murni dengan jarak yang kejangkau dan  harga yang terjangkau.
Susu adalah bagian dari empat sehat lima sempurna, kandungan susu memeiliki banyak vitamin B2 dan vitamin A,selain protein juga terdapat  macam-macam asam amino yang penting untukpertumbuhan tubuh manusia , kandungan kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang, kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan system syaraf tahan terhadap kelelahan. Susu tidak hanya di konsumsi oleh orang dewasa namun anak-anak bisa menikmati susu setiap hari.





1.2  Rumusanmasalah
1.      Tempat parkir yang kurang luas karena berdekatan dengan jalan raya?
2.      Apakah bahan baku selalu mendapatkan yang segar/baru ?

1.3 Tujuan
1.      Mengetahui manfaat susu murni
2.      Menjadikan minum sehat bagi manusia
3.      Untuk mengetahui respon masyarakat terhadap minuman baru
1.4 Luaran
Menjadiakan minuman yang bermanfaat bagi manusia untuk kesehatan,karena susu murni adalah bagian dari empat sehat lima sempurna,dan menjdaikan susu bagian penting bagi kesehatan.
1.5 Manfaat
Manfaat mengkonsumsi susu murni  adalah mendapatakan hidup sehat karena memiliki kandungan vitamin yang banyak di dalamnya,manfaat yang diperoleh  mahasiswa yaitu untuk mengasah jiwa kewirausahaan sejak dini serta memberikan inovasi-inovasi baru dengan menciptakan ide-ide baru untuk berwirausaha











BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

II.I profil produk
a)      Konsep caffe
Cafesusu murni menyediakan minuman sehat bagi manusia dan tidak di batasi umur untuk mengkonsumsi susu murni ini.cafe susu murni memiliki dua ruangan indor dan aoutdor,bagi para perokok di tempatkan di oautdor,dalam ruangan diding dicat putih berpola sapi perah untuk menambah nuansa susunya, di luar ruangan cafe susu murni bernuansa alam sekitar dengan pemandangan kota bandar lampung.
b)     Profil produk
Susu muri adalah minuman sehat dari hewani dan memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia,unutk menikmati susu murni yang segar cafe susu murni menyediakan bahan baku yang selalu baru,cafe susu murni menjaga kualitas bahan baku untuk menambah kepuasan tersendiri dari konsumen. untuk yang sukaminumsusudengan volume yang banyakcafe susu murnimenyediakangelas yang berukuran jumbo, gelasberukuranbiasa dan dot untuk anak-anak yang masih kecil/masih minum asi ibu.untukvariasirasadiantaranya :susumurni,susu durian,susumelon,susuapel,susuangur,susubanana,susupandan,susumangga ,sususirsat,sususoda,susuwafer,sususetroberry,susu vanilla,susu capucino,susu jeruk,susu kopi,susu cookis dan masih banyak rasa lainnya. untuk menjaga kenyamanan konsumen dan kedisiplinan kerja caffe susu murni tetap memperhatikankebersihandankesehatan.





Keunggulan caffe susu murni:
a.       Gelas jumbo
Bagi para pengemar susu, cafe susu murni menyediakan penyajian yang berbeda,gelas jumbo yang menjadi penyajian caffe susu menjadi lebik unik dan mejadi kepuasan tersendiri bagi para pengemar susu.
b.      Gelas kecil
Untuk menambah keunikan  caffe susu murni mengunakan gelas kecil yang berbeda,dengan mengunakan  gelas kecil dengan warna warni yang unik,namaun tetap menjaga kualitas dan rasa yang segar untuk kepuasan tersendiri bagi konsumen
c.       Dot
Untuk keluarga yang membawa anak-anak di bawah umur 6 tahun ke bwah cafe susu murni menyediakan dot untuk anak-anak supaya tetap bisa menikmati segarnya susu murni
II.2 Proses produksi
II.2.1 Bagan
Gambar 1:sekema proses produksi susu murni
II.2.2 Asal komoditi
Bahan baku susu murni diambil langsung dari peternak sapi perah di lampung timur untuk mendapatkan bahan baku yang segar memerlukan waktu 2- 3 jam perjalanan. susu murni mudah di dapatkan pada musim penghujan tiba jika pada musim kemarau susu sapi perah sedikit berkurang karena kurangnya konsumsi yang di dapatkan sapi perah, susu sapi merupakan bahan minuman yang mudah rusak karena itu perlu perawatan khusus untuk pengolahan bahan baku,perlu penyimpanan dengan suhu 10°-5°c selama 2-3 jam jika tidak di lakukan penyaringan dan pendinginan maka akan tumbuh bakteri dan akan mempengaruhi proses produksi.
II.2.3 kapasitas produksi
Dalam proses produksi usaha ini memiliki target mampu memproduksi susu murni sebanyak 80 L/minggu target tersebut dilihat dari banyaknya manusia yang mengkonsumsi susu setiap harinya dan usia tidak menjadi hambatan untuk tetap minum susu setiap hari,untuk mencapai target tersebut usaha ini buka jam 8 pagi sampai jam 12 malam.
II.2.4 Pengembangan Produksi
        Untuk awal produksi usaha ini mampu mencapai target yang telah ditentukan dengan peminat yang cukup banyak usaha ini menambahkan jam kerja dan menambah jumlah produksinya ,untuk pegembangan yang selanjutnya produksi susu murni akan memperlebar ruangan dan menambah fasilitas yang belum ada,seperti weffi supaya konsumen yang datang merasakan kenyamanan dengan wafilitas yang baru,untuk produksi kedepan dalam daftar menu ditambahkan makanan-makanan ringan.dan memperbanyak varian rasa susu murni

BAB III
III.1 Proses Pemasaran
Dengan melihat banyaknya peminat susu murni, usaha ini menarik dan ada tantangan tersendiri serta ada peluang untuk memperbanyak usaha ini dilampung,disamping itu susu adalah bagian dari empat sehat lima sempurna, selain itu juga pola hidup masyarakat bandar lampung berubah dengan kebiasaan  mengkionsumsi susu setiap hari menjadi pola hidup yang sehat, dari kebiasaan itu maka akan terbiasa untuk membeli susu murni dan hidup sehat
III.3.1Deskripsi Produk
Usaha susu murni ini mempunyai hasil produksi dengan banyak variasi campuran susu dengan varian rasa buah-buahan,untuk produk unggulan susu murni di campur dengan rasa buah stroberry dengan takaran yang sudah ditentukan,dimana ada perberdaan dengan susu murni lainya ,susu murni stroberry ini di tambahkan buah utuh di atasnya untuk menambah keunikan dan ada eskrim rasa stroberry diatas nya.untuk menambah rasa yang khas susu ini dicampur sedikit soda gembira didalamnya, namun untuk pemesanan produk unggulaan ini hanya untuk gelas berukuran jumbo.
III.3.2 Segmen Pasar
Kebutuhan pangan dan vitamin di lampung selalu meningkat setiap harinya,banyak anak-anak muda yang baru lulus SMA inggi kuliah di bandar lampung bahkan banyak juga yang bekerja dibandar lampung dan menetap  dengan alasan pengahsilan yang cukup besar untuk mencukupi hidup. Dengan banyaknya lapangan pekerjaan dan sekolah-sekolah tinggi lainnya,  maka dari usah ini segmen pasarnya adalah para mahasiswa dan masyarkat kalangan menengah ke atas namun semua masyarkat bisa membeli susu murni karena usaha ini menyediakan untuk golongan menegah kebawah dengan harga kejangkau,untuk sasaran pasar yang ditargetkan dari usaha ini adalah para mahsiswa yang suka nongkrong.
III.3.3 Trend Perkembangan Pasar
a)      Peningkatan konsumen akan terus mengalami peningkatan pada setiap harinya seiring dengan pendapatan dari komonditi karet dan sawit dilampung yang terus mengalami kenaikan harga disamping itu juga atas kesadaran masyarakat lampung bahwa susu adalah minuman sehat yang harus dikonsumsi setiap harinya
b)      Seiring berjalan waktu diman  penerimaaan mahasiswa baru yang terus bertambah dan pembangunan kampus-kampus dan mall yang semakin banyak, akan menjadikan bandar lampung ramai para mahsiswa dan menambah sasaran pasar
III.3.4 StrategiPemasaran (product, place,price, promotion)
Didalam usaha susu murni ini tentu ada strategi pemasaran yang dikenal dengan istilah 4P (product, price, place, promotion)
1.        Product (DesaindanVariasiProduk)
Produk yang pasar kepada masyarakat adalah kebutuhan pokok tubuh manusia yang memerlukan vitamin yang cukup untuk beraktivitas, dan diproduksi dengan berbagai campuran vitamin dari buah-buahan untuk kesehatan  tubuh manusia.



2.        Place (TempatPemasaran)
Bandar lampung mempunyai perguruan tinggi cukup banyak  NEGERI DAN SWATANYA dan tempat wisata yang cukup terkenal seperti waikambas. Pusat kota bandar lampung adalah tempat dimana yang di tempuh dari universitas manapun tetap terjangkau jaraknya,pusat kota bandar lampung adalah favorit para mahsiswa dan pemuda-pemuda bandar lampung untuk mencari hiburan dan nongkrong ,membuka usaha di pusat kota adalah tempat yang setrategis untuk mencapai target konsumen
3.        Price (HargaSatuProduk)
Penetapanhargaditentukandenganmengacupada HPP (HargaPokokProduksi),Serta melihat dan mempertimbangkan harga bahan baku yang bisa naik turun tergantung musim,sehinga perusahaan harus menyesuaikan harga produk dengan harga bahan baku di petani sapi perah.
4.        Promotion(Promosi)
Promosi produk yang harus dilakukan supaya konsumen cepat mengal produksi susu murni yaitu mengunakan media elektronik dimana promosi akan semakin luas jangkauannya,bisa mengunakan (facebook,instagram,grup bbm,grup watsahp,dan Twitter)dan untuk pedesaan yang belum mengenal sosial media bisa mengunakan promosi di radio,selainmengunakan social media bisa jugadenganmenggunakan media cetakberupabrosur, danmembuatspanduk.







III.3.5 AnalisisPesaing (harga, teknologi, bahanbaku)
a)      Strenghts (kekuatan)
Bahan baku selau mendapatkan bahan baku yang segar dan terjamin kualitasnya,caffe susu murni memiliki keunikan di bentuk gelas,yaitu gelas yang berukuran jumbo,gelas kecil warna-warni dan menyediakan dot untuk anak-anak.

b)      Weaknesses (kelemahan)
Kelemahan dalam usaha susu murni ini adalah bahan baku yang mudah basi dan rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang bagus, lokasi yang kurang luas,tempat parkir yang sempit karena berdekatan dijalan raya.
c)      Opportunities (peluang)
Peluang dari usaha ini yaitu susu murni dengan varian buah belum ada dibandar lampung, dibandar lampung hanya ada susu kedelai yang berjualan keliling,susu murni adalah minuman sehat dan semua usia bisa mengkonsumsinya,susu adalah minuman yang kaya vitamin dan protein dan bagus untuk kesehatan.
d)     Threats (ancaman)
pengambilan bahan baku yang cukup jauh dan Muncul pesaing baru dalam usaha yang sama dan memiliki kapasitas yang lebih besar,



III.3.6 Saluran distribusi
Usaha susu murni ini tidak melewati rantai ditribusi/agen, bahan baku yang didapatkan langsung dari petani sapi perah yang ada dilampung timur,dan sebelum sampai ke tangan  konsumen, usaha susu murni  ini lah yang memproses susu perah menjadi susu varian rasa buah-buahan, jadi dapat disimpulkan bahwa hanya satu perusahaan yang dalam hal ini bertindak sebagai pengolah bahan baku menjadi produk untuk konsumen.

III.3.7 ProyeksiPenjualan





III.2 Pengelolaan SDM
III.2.1 Kompetensi SDM
Salah satu tujuan dari usaha ini yaitu menciptakan lapangan pekerjaan untuk pria dan wanita dan memiliki pendidikan terahir minimal SMA atau sederajat memeiliki etos kerja yang tinggi, kedisiplinan,memiliki skil dalam melayani konsumen dan bisa bertangung jawab atas pekerjaan yang telah diberikan dan mampu berkerja sama dlam tim.

Spesifikasi dan Divisi
·         Menejer Produksi
Untuk bagian menejer produksi usaha ini memerlukan pria dengan pendidikan terahir minimal SMA dengan mempunyai keterampilan khusus dan mempunyai keahlian dalam bidang produksi.
·         Divisi Keuangan
Untuk bagian keuangan caffe ini memerlukan seorang wanita untuk mengatur keuangan,pendidikan terhair minimal SMA atau sederajat dan memiliki kedisplinan dalam bekerja dan memiliki keahlian khusus dalam bidang keuangan/akuntansi.
·         Divisi Pemasaran atau Distribusi
Untuk bagian pemasaran caffe ini memerlukan seorang pria untuk memasarkan dan mepromosikan usaha ini minimal pendidikan terahir SMA atau sederajat dengan mempunyai wawasan tempat yang luas

BAB IV

Lampiran 2. JustifikasiAnggaranKegiatan
1.        PeralatanPenunjang
No
Uraian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
1.
Kompor
1
500.000
500.000
2.
Termos
3
65.000
195.000
3.
Panci
2
30.000
60.000
4.
Sewa tempat
1
3000.000
3000.000
5.
Gelas
120
150.000
150.000
6.
belender
2
350.000
700.000
7.
Sendok
36
12.000
36.000
8.
Tempat sampah
2
10.000
20.000
9.
Piring kecil
24
140.000
280.000
10.
Nampan
12
15000
30.000
11.
Kulkas
1
1200.000
1200.000
12.
Meja
10
180.000
1.800.000
13.
Kursi
40
40.000
1.600.000
14.
Botol varian rasa
20
8500
170.000
15.
Tabung gas
1
170.000
170.000
16
Buku menu
10
10.000
50.000
17
Asbak
10
3000
30.000
jumlah
9.991000



2.        BahanHabisPakai
No
Bahan Baku
Kebutuhan Rata -Rata Perminggu
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
Sumber
1.
Susu murni
50L
3000
150.000
Petani
2.
Varian rasa
19
8500
161.500
Pasar
3.
Sedotan
10
7.500
75.000
Pasar
4.
Plastik
10
2500
25.000
Pasar
5.
Gula
10kg
20.000
200.000
Pasar
6.
Es
35
1000
35000
Pasar
7.
Tisu
10
5000
50.000
Pasar
Jumah Total
Rp. 696.500


3.      OperasionalTransfortasi

No
Uraian
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satauan (Rp)
Jumlah (Rp)
1.
Biaya listrik
Pemakaian lampu dan lain-lain
1 bulan
300.000
300.000
2.
Perjalanan Beli bahan
Pembelian Bahan baku
2 Orang
50.000
100.000
3.
Biaya telepon
Biaya tepon petani sapi perah
1
50.000
50.000
4
Gaji kaaryawan

3
700.000
2.100.000
Jumlah Total
Rp 2.550.000


4.        Lain-lain
No
Uraian
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Keterangan
1.
Spanduk
Promosi
2
100.000
200.000
Lembar
Jumlah Total
Rp200.000





4.2Kelayakan Usaha
            Usaha susu murni dipasrkan ke konsumen dengan skala kecil-menegah dengan asumsi produksi perminggu dengan 7 hari kerja. Hasil produksi perbulan nya mencapai 780 gelas,total biaya dari perhitungan usaha susu murni penjumlahan dari biaya tetap dan biaya variabel,maka biaya yang diperlukan adalah = Rp 3.446,500,- + Rp 9.991.000,- = Rp 13.437.500,-



BEP (Break Even Point)
BEP Unit (Berdasarkansatuanjumlahproduk)

R/C ratio
            R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) merupakanefisiensiusaha, yaituukuranperbandinganantarapenerimaanusaha (Revenue) dengan total biaya (Cost=TC). Dengannilai R/C, dapatdiketahuiapakahsuatuusahamenguntungkanatau tidakmenguntungkan. Usaha efisiensi (menguntungkan) jikanilai R/C >1 maka usaha itu layak untuk di jalankan.
TR= Penerimaan ; TC = Total Biaya
TR = JumlahProduk x HargaProduk
TC = Total Biaya
780xRp18000=14.040.000
            Berdasarkan perhitungan R/C ratio, Usaha susu murnilayakuntuk di jalankan karenadariperhitungan R/C ratio >1.
BAB V
Penutup
Usaha susu murni merupakn sebuah usah yang bergerak dalam minuman sehat dimana susu adalah bagian dari empat sehat lima sempurna,usaha susu murni ini di bangun dengan campuran vitamin dari susu sendiri dengan vitamin yang ada dalam buah-buahan.dan usaha ini didirikan di bandar lampung dimana di bandar lampung memiliki banyak perguraun tinggi yang tersebar luas di daerah-daerah yang ada di bandar lampung, dan pusat kota bandar lampung menjadi tempat favorit bagi para maha siswa,dipusat kota bandar lampung hanya tersedia warung makan lesehan,dibandar lampung belum ada caffe yang menyediakan minuman sehat , untuk memberikan inovasi baru bagi para pemuda bandar lampung muncullah ide yang dimana ide tersebut yaitu membuka caffe minuman sehat (susu murni) usaha ini layak untuk di dirikan dibandar lampung karena semua usia bisa menikmati minuman sehat ini dengan susuana ramainya pusat kota bandar lampung
            Untuk mengetahui apakah usaha ini layak untuk dijalankan yaitu dengan menghitung  RC Ratio, BEP harga, BEP produksi,diman hasil Dri penjumlahan tabel diatas  RC=1.044 BEP =14,040,000Berdasarkanperhitungan R/C ratio, Usaha susu murnilayakuntuk di jalankan karenadariperhitungan R/C ratio >1.










Lampiran:                                                            
gambar 1:gelas jumbo
  gambar  2:profil produk

 Gambar 3:konsep caffe
Gambar 4:perkembangan caffe

4 komentar:

  1. terimakasih sangar bermanfaat dan sangat membantu sekali

    BalasHapus
  2. artikelnya berisi informasi-informasi yang bermanfaat, tampilan blog-nya juga menarik. semoga kedepannya bisa terus menulis artikel-artikel yang bermanfaat. terimakasih..
    Peluang Usaha UKM

    BalasHapus