PROPOSAL BISNIS
SUSU MURNI VARIAN RASA BUAH-BUAHAN
(susu)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Lampung adalah sebuah kota yang
memiliki banyak perguruan tinggi
NEGERI DAN SWASTA semua perguruan tinggi
tersebut tersebar luas dibandar
lampung dari banyaknya universitas
yang ada dibandar lampung,munculah
inovasi baru untuk membuka usaha susu murni dibandar lampung, untuk mendapatkan susu
murni yang segar dan berkualitas bisa
didapatkan
di lampung timur denganwaktu
1-2 jam dari pusat kota bandar
lampung karena perternakan sapi
perah yang berada di lampung timur,dari
bahan baku susu murni bisa diolah menjadi susu yang berbagai
rasa.
Kebanyakan
Mahasiswa dibandar lampung yang
suka nongkrong,biasanyadi
tempat cafe-cafe,
mall dan
di tempat umum lainnya. cafe susu
murni ini di bangun berdekatan dengan kampus-kampus besar di bandar lampung dan
berdekatan dengan pusat kota bandar lampung, untuk lokasi cafe susu murni ini sengaja di bangun
berdekatan dengan kampus dan pusat kota supaya mahasiswa yang suka nongkrong
bisa menikmati minuman sehat susu murni dengan jarak yang kejangkau dan harga yang terjangkau.
Susu adalah bagian dari empat sehat
lima sempurna, kandungan susu memeiliki banyak vitamin B2 dan vitamin A,selain
protein juga terdapat macam-macam asam
amino yang penting untukpertumbuhan tubuh manusia , kandungan kalsium susu dapat
menambah kekuatan tulang, kandungan magnesium dalam susu dapat membuat
jantung dan system syaraf
tahan terhadap
kelelahan.
Susu tidak hanya di konsumsi
oleh
orang dewasa namun anak-anak
bisa menikmati
susu setiap
hari.
1.2 Rumusanmasalah
1. Tempat parkir yang
kurang luas karena berdekatan dengan jalan raya?
2. Apakah bahan baku
selalu mendapatkan yang segar/baru ?
1.3
Tujuan
1. Mengetahui
manfaat susu murni
2. Menjadikan
minum sehat bagi manusia
3. Untuk
mengetahui respon masyarakat terhadap minuman baru
1.4 Luaran
Menjadiakan
minuman yang bermanfaat bagi manusia untuk kesehatan,karena
susu murni adalah bagian dari empat sehat lima sempurna,dan menjdaikan susu
bagian penting bagi kesehatan.
1.5
Manfaat
Manfaat mengkonsumsi susu murni adalah mendapatakan hidup sehat karena
memiliki kandungan vitamin yang banyak di dalamnya,manfaat yang diperoleh mahasiswa yaitu untuk mengasah jiwa
kewirausahaan sejak dini serta memberikan inovasi-inovasi baru dengan menciptakan
ide-ide baru untuk berwirausaha
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
II.I
profil produk
a) Konsep caffe
Cafesusu murni
menyediakan minuman sehat bagi manusia dan tidak di batasi umur untuk
mengkonsumsi susu murni ini.cafe susu murni memiliki dua ruangan indor dan
aoutdor,bagi para perokok di tempatkan di oautdor,dalam ruangan diding dicat
putih berpola sapi perah untuk menambah nuansa susunya, di luar ruangan cafe
susu murni bernuansa alam sekitar dengan pemandangan kota bandar lampung.
b) Profil produk
Susu muri
adalah minuman sehat dari hewani dan memiliki manfaat yang sangat banyak bagi
manusia,unutk menikmati susu murni yang segar cafe susu murni menyediakan bahan
baku yang selalu baru,cafe susu murni menjaga kualitas bahan baku untuk
menambah kepuasan tersendiri dari konsumen. untuk yang sukaminumsusudengan
volume yang banyakcafe susu murnimenyediakangelas yang berukuran jumbo, gelasberukuranbiasa
dan dot untuk anak-anak yang masih kecil/masih minum asi ibu.untukvariasirasadiantaranya
:susumurni,susu durian,susumelon,susuapel,susuangur,susubanana,susupandan,susumangga
,sususirsat,sususoda,susuwafer,sususetroberry,susu vanilla,susu capucino,susu
jeruk,susu kopi,susu cookis dan masih banyak rasa lainnya. untuk menjaga
kenyamanan konsumen dan kedisiplinan kerja caffe susu murni tetap memperhatikankebersihandankesehatan.
Keunggulan
caffe susu murni:
a.
Gelas jumbo
Bagi para pengemar susu, cafe susu murni menyediakan
penyajian yang berbeda,gelas jumbo yang menjadi penyajian caffe susu menjadi
lebik unik dan mejadi kepuasan tersendiri bagi para pengemar susu.
b.
Gelas kecil
Untuk menambah keunikan
caffe susu murni mengunakan gelas kecil yang berbeda,dengan
mengunakan gelas kecil dengan warna
warni yang unik,namaun tetap menjaga kualitas dan rasa yang segar untuk
kepuasan tersendiri bagi konsumen
c.
Dot
Untuk keluarga yang membawa anak-anak di bawah umur 6
tahun ke bwah cafe susu murni menyediakan dot untuk anak-anak supaya tetap bisa
menikmati segarnya susu murni
II.2 Proses produksi
II.2.1 Bagan
Gambar 1:sekema proses
produksi susu murni
II.2.2 Asal komoditi
Bahan baku susu
murni diambil langsung dari peternak sapi perah di lampung timur untuk
mendapatkan bahan baku yang segar memerlukan waktu 2- 3 jam perjalanan. susu
murni mudah di dapatkan pada musim penghujan tiba jika pada musim kemarau susu
sapi perah sedikit berkurang karena kurangnya konsumsi yang di dapatkan sapi
perah, susu sapi merupakan bahan minuman yang mudah rusak karena itu perlu
perawatan khusus untuk pengolahan bahan baku,perlu penyimpanan dengan suhu
10°-5°c selama 2-3 jam jika tidak di lakukan penyaringan dan pendinginan maka
akan tumbuh bakteri dan akan mempengaruhi proses produksi.
II.2.3 kapasitas produksi
Dalam proses
produksi usaha ini memiliki target mampu memproduksi susu murni sebanyak 80
L/minggu target tersebut dilihat dari banyaknya manusia yang mengkonsumsi susu
setiap harinya dan usia tidak menjadi hambatan untuk tetap minum susu setiap
hari,untuk mencapai target tersebut usaha ini buka jam 8 pagi sampai jam 12
malam.
II.2.4 Pengembangan Produksi
Untuk awal produksi usaha
ini mampu mencapai target yang telah ditentukan dengan peminat yang cukup
banyak usaha ini menambahkan jam kerja dan menambah jumlah produksinya ,untuk
pegembangan yang selanjutnya produksi susu murni akan memperlebar ruangan dan
menambah fasilitas yang belum ada,seperti weffi supaya konsumen yang datang
merasakan kenyamanan dengan wafilitas yang baru,untuk produksi kedepan dalam
daftar menu ditambahkan makanan-makanan ringan.dan memperbanyak varian rasa
susu murni
BAB III
III.1 Proses Pemasaran
Dengan
melihat banyaknya peminat susu murni, usaha ini menarik dan ada tantangan tersendiri
serta ada peluang untuk memperbanyak usaha ini dilampung,disamping itu susu
adalah bagian dari empat sehat lima sempurna, selain itu juga pola hidup
masyarakat bandar lampung berubah dengan kebiasaan mengkionsumsi susu setiap hari menjadi pola
hidup yang sehat, dari kebiasaan itu maka akan terbiasa untuk membeli susu
murni dan hidup sehat
III.3.1Deskripsi Produk
Usaha susu murni ini mempunyai hasil produksi dengan banyak variasi
campuran susu dengan varian rasa buah-buahan,untuk produk unggulan susu murni
di campur dengan rasa buah stroberry dengan takaran yang sudah
ditentukan,dimana ada perberdaan dengan susu murni lainya ,susu murni stroberry
ini di tambahkan buah utuh di atasnya untuk menambah keunikan dan ada eskrim
rasa stroberry diatas nya.untuk menambah rasa yang khas susu ini dicampur
sedikit soda gembira didalamnya, namun untuk pemesanan produk unggulaan ini
hanya untuk gelas berukuran jumbo.
III.3.2 Segmen Pasar
Kebutuhan pangan
dan vitamin di lampung selalu meningkat setiap harinya,banyak anak-anak muda
yang baru lulus SMA inggi kuliah di bandar lampung bahkan banyak juga yang
bekerja dibandar lampung dan menetap
dengan alasan pengahsilan yang cukup besar untuk mencukupi hidup. Dengan
banyaknya lapangan pekerjaan dan sekolah-sekolah tinggi lainnya, maka dari usah ini segmen pasarnya adalah
para mahasiswa dan masyarkat kalangan menengah ke atas namun semua masyarkat
bisa membeli susu murni karena usaha ini menyediakan untuk golongan menegah
kebawah dengan harga kejangkau,untuk sasaran pasar yang ditargetkan dari usaha
ini adalah para mahsiswa yang suka nongkrong.
III.3.3 Trend Perkembangan Pasar
a)
Peningkatan konsumen akan terus mengalami peningkatan
pada setiap harinya seiring dengan pendapatan dari komonditi karet dan sawit
dilampung yang terus mengalami kenaikan harga disamping itu juga atas kesadaran
masyarakat lampung bahwa susu adalah minuman sehat yang harus dikonsumsi setiap
harinya
b)
Seiring berjalan waktu diman penerimaaan mahasiswa baru yang terus
bertambah dan pembangunan kampus-kampus dan mall yang semakin banyak, akan
menjadikan bandar lampung ramai para mahsiswa dan menambah sasaran pasar
III.3.4 StrategiPemasaran (product, place,price, promotion)
Didalam usaha susu murni ini tentu ada strategi pemasaran yang dikenal
dengan istilah 4P (product,
price, place, promotion)
1.
Product
(DesaindanVariasiProduk)
Produk yang pasar kepada masyarakat adalah kebutuhan pokok
tubuh manusia yang memerlukan vitamin yang cukup untuk beraktivitas, dan
diproduksi dengan berbagai campuran vitamin dari buah-buahan untuk
kesehatan tubuh manusia.
2.
Place
(TempatPemasaran)
Bandar lampung mempunyai perguruan tinggi cukup
banyak NEGERI DAN SWATANYA dan tempat
wisata yang cukup terkenal seperti waikambas. Pusat kota bandar lampung adalah
tempat dimana yang di tempuh dari universitas manapun tetap terjangkau
jaraknya,pusat kota bandar lampung adalah favorit para mahsiswa dan
pemuda-pemuda bandar lampung untuk mencari hiburan dan nongkrong ,membuka usaha
di pusat kota adalah tempat yang setrategis untuk mencapai target konsumen
3.
Price
(HargaSatuProduk)
Penetapanhargaditentukandenganmengacupada
HPP (HargaPokokProduksi),Serta
melihat dan mempertimbangkan harga bahan baku yang bisa naik turun tergantung
musim,sehinga perusahaan harus menyesuaikan harga produk dengan harga bahan
baku di petani sapi perah.
4.
Promotion(Promosi)
Promosi produk yang
harus dilakukan supaya konsumen cepat mengal produksi susu murni yaitu
mengunakan media elektronik dimana promosi akan semakin luas jangkauannya,bisa
mengunakan (facebook,instagram,grup bbm,grup watsahp,dan Twitter)dan untuk
pedesaan yang belum mengenal sosial media bisa mengunakan promosi di radio,selainmengunakan
social media bisa jugadenganmenggunakan
media cetakberupabrosur, danmembuatspanduk.
III.3.5 AnalisisPesaing (harga, teknologi, bahanbaku)
a)
Strenghts (kekuatan)
Bahan baku selau mendapatkan bahan baku yang segar dan
terjamin kualitasnya,caffe susu murni memiliki keunikan di bentuk gelas,yaitu
gelas yang berukuran jumbo,gelas kecil warna-warni dan menyediakan dot untuk
anak-anak.
b)
Weaknesses (kelemahan)
Kelemahan dalam usaha susu murni ini adalah bahan baku yang
mudah basi dan rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang bagus, lokasi yang
kurang luas,tempat parkir yang sempit karena berdekatan dijalan raya.
c)
Opportunities (peluang)
Peluang dari usaha ini
yaitu susu murni dengan varian buah belum ada dibandar lampung, dibandar lampung
hanya ada susu kedelai yang berjualan keliling,susu murni adalah minuman sehat
dan semua usia bisa mengkonsumsinya,susu adalah minuman yang kaya vitamin dan
protein dan bagus untuk kesehatan.
d)
Threats (ancaman)
pengambilan bahan baku yang cukup jauh dan Muncul
pesaing baru dalam usaha yang sama dan memiliki kapasitas yang lebih besar,
III.3.6
Saluran distribusi
Usaha susu murni ini tidak melewati rantai ditribusi/agen,
bahan baku yang didapatkan langsung dari petani sapi perah yang ada dilampung timur,dan
sebelum sampai ke tangan konsumen, usaha
susu murni ini lah yang memproses susu
perah menjadi susu varian rasa buah-buahan, jadi dapat disimpulkan bahwa hanya
satu perusahaan yang dalam hal ini bertindak sebagai pengolah bahan baku
menjadi produk untuk konsumen.
III.3.7 ProyeksiPenjualan
III.2 Pengelolaan SDM
III.2.1
Kompetensi SDM
Salah satu tujuan dari usaha ini yaitu menciptakan lapangan
pekerjaan untuk pria dan wanita dan memiliki pendidikan terahir minimal SMA
atau sederajat memeiliki etos kerja yang tinggi, kedisiplinan,memiliki skil
dalam melayani konsumen dan bisa bertangung jawab atas pekerjaan yang telah
diberikan dan mampu berkerja sama dlam tim.
Spesifikasi dan Divisi
·
Menejer
Produksi
Untuk bagian
menejer produksi usaha ini memerlukan pria dengan pendidikan terahir minimal
SMA dengan mempunyai keterampilan khusus dan mempunyai keahlian dalam bidang produksi.
·
Divisi
Keuangan
Untuk bagian
keuangan caffe ini memerlukan seorang wanita untuk mengatur keuangan,pendidikan
terhair minimal SMA atau sederajat dan memiliki kedisplinan dalam bekerja dan
memiliki keahlian khusus dalam bidang keuangan/akuntansi.
·
Divisi
Pemasaran atau Distribusi
Untuk bagian
pemasaran caffe ini memerlukan seorang pria untuk memasarkan dan mepromosikan
usaha ini minimal pendidikan terahir SMA atau sederajat dengan mempunyai
wawasan tempat yang luas
BAB IV
Lampiran
2. JustifikasiAnggaranKegiatan
1.
PeralatanPenunjang
No
|
Uraian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1.
|
Kompor
|
1
|
500.000
|
500.000
|
2.
|
Termos
|
3
|
65.000
|
195.000
|
3.
|
Panci
|
2
|
30.000
|
60.000
|
4.
|
Sewa tempat
|
1
|
3000.000
|
3000.000
|
5.
|
Gelas
|
120
|
150.000
|
150.000
|
6.
|
belender
|
2
|
350.000
|
700.000
|
7.
|
Sendok
|
36
|
12.000
|
36.000
|
8.
|
Tempat sampah
|
2
|
10.000
|
20.000
|
9.
|
Piring kecil
|
24
|
140.000
|
280.000
|
10.
|
Nampan
|
12
|
15000
|
30.000
|
11.
|
Kulkas
|
1
|
1200.000
|
1200.000
|
12.
|
Meja
|
10
|
180.000
|
1.800.000
|
13.
|
Kursi
|
40
|
40.000
|
1.600.000
|
14.
|
Botol varian rasa
|
20
|
8500
|
170.000
|
15.
|
Tabung gas
|
1
|
170.000
|
170.000
|
16
|
Buku menu
|
10
|
10.000
|
50.000
|
17
|
Asbak
|
10
|
3000
|
30.000
|
jumlah
|
9.991000
|
2.
BahanHabisPakai
No
|
Bahan Baku
|
Kebutuhan Rata
-Rata Perminggu
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
Sumber
|
1.
|
Susu murni
|
50L
|
3000
|
150.000
|
Petani
|
2.
|
Varian rasa
|
19
|
8500
|
161.500
|
Pasar
|
3.
|
Sedotan
|
10
|
7.500
|
75.000
|
Pasar
|
4.
|
Plastik
|
10
|
2500
|
25.000
|
Pasar
|
5.
|
Gula
|
10kg
|
20.000
|
200.000
|
Pasar
|
6.
|
Es
|
35
|
1000
|
35000
|
Pasar
|
7.
|
Tisu
|
10
|
5000
|
50.000
|
Pasar
|
Jumah Total
|
Rp. 696.500
|
3. OperasionalTransfortasi
No
|
Uraian
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satauan
(Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Biaya listrik
|
Pemakaian lampu
dan lain-lain
|
1 bulan
|
300.000
|
300.000
|
2.
|
Perjalanan Beli
bahan
|
Pembelian Bahan
baku
|
2 Orang
|
50.000
|
100.000
|
3.
|
Biaya telepon
|
Biaya tepon
petani sapi perah
|
1
|
50.000
|
50.000
|
4
|
Gaji kaaryawan
|
3
|
700.000
|
2.100.000
|
|
Jumlah Total
|
Rp 2.550.000
|
4.
Lain-lain
No
|
Uraian
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Keterangan
|
1.
|
Spanduk
|
Promosi
|
2
|
100.000
|
200.000
|
Lembar
|
Jumlah Total
|
Rp200.000
|
4.2Kelayakan Usaha
Usaha susu murni dipasrkan ke konsumen dengan skala
kecil-menegah dengan asumsi produksi perminggu dengan 7 hari kerja. Hasil
produksi perbulan nya mencapai 780 gelas,total biaya dari perhitungan usaha
susu murni penjumlahan dari biaya tetap dan biaya variabel,maka biaya yang
diperlukan adalah = Rp 3.446,500,- + Rp 9.991.000,- = Rp 13.437.500,-
BEP
(Break Even Point)
BEP Unit
(Berdasarkansatuanjumlahproduk)
R/C
ratio
R/C Ratio
(Revenue Cost Ratio) merupakanefisiensiusaha, yaituukuranperbandinganantarapenerimaanusaha
(Revenue) dengan total biaya (Cost=TC). Dengannilai R/C,
dapatdiketahuiapakahsuatuusahamenguntungkanatau tidakmenguntungkan. Usaha efisiensi
(menguntungkan) jikanilai R/C >1
maka usaha itu layak untuk di jalankan.
TR= Penerimaan ; TC = Total Biaya
TR = JumlahProduk x HargaProduk
TC = Total Biaya
780xRp18000=14.040.000
Berdasarkan perhitungan R/C ratio, Usaha susu murnilayakuntuk di jalankan karenadariperhitungan
R/C ratio >1.
BAB V
Penutup
Usaha susu murni merupakn sebuah usah yang bergerak dalam
minuman sehat dimana susu adalah bagian dari empat sehat lima sempurna,usaha
susu murni ini di bangun dengan campuran vitamin dari susu sendiri dengan
vitamin yang ada dalam buah-buahan.dan usaha ini didirikan di bandar lampung
dimana di bandar lampung memiliki banyak perguraun tinggi yang tersebar luas di
daerah-daerah yang ada di bandar lampung, dan pusat kota bandar lampung menjadi
tempat favorit bagi para maha siswa,dipusat kota bandar lampung hanya tersedia
warung makan lesehan,dibandar lampung belum ada caffe yang menyediakan minuman
sehat , untuk memberikan inovasi baru bagi para pemuda bandar lampung muncullah
ide yang dimana ide tersebut yaitu membuka caffe minuman sehat (susu murni)
usaha ini layak untuk di dirikan dibandar lampung karena semua usia bisa
menikmati minuman sehat ini dengan susuana ramainya pusat kota bandar lampung
Untuk mengetahui apakah usaha ini
layak untuk dijalankan yaitu dengan menghitung
RC Ratio, BEP harga, BEP produksi,diman hasil Dri penjumlahan tabel
diatas RC=1.044 BEP =14,040,000Berdasarkanperhitungan R/C ratio, Usaha susu
murnilayakuntuk di jalankan karenadariperhitungan R/C ratio >1.
Lampiran:
gambar 1:gelas jumbo
gambar
2:profil produk
Gambar 3:konsep caffe
Gambar 4:perkembangan caffe
gambarnya gak muncul ????
BalasHapusterimakasih sangar bermanfaat dan sangat membantu sekali
BalasHapusartikelnya berisi informasi-informasi yang bermanfaat, tampilan blog-nya juga menarik. semoga kedepannya bisa terus menulis artikel-artikel yang bermanfaat. terimakasih..
BalasHapusPeluang Usaha UKM
Gaada daftar isinya 🤧
BalasHapus